Rabu, 06 April 2016

Teori Manajemen Abad 21 
Peter Drucker (Indrajit & Djokopranoto, 2006: 30) mengatakan bahwa: I am not comfortable with the world manager anymore because it implies subordinates. Manajer yang suka memerintah dalam memimpin sudah tidak diperlukan lagi dalam sistem manajemen abad 21. Manajer yang dibutuhkan adalah sebagai seorang pimimpin tim dan fasilitator yang selalu fokus dalam mengarahkan organisasi dan timnya pada visi dan misi organisasi.
Begitu juga pimpinan SMA hendaknya menjadi seorang pemimpin tim dan fasilitator atau sering disebut dengan leader yang tetap menjaga arah SMA dan timnya tetap pada visi dan misi SMA yang dipimpinnya.
 Ciri-ciri manajemen abad 21 sebagaimana dikatakan Indrajit & Djokopranoto (2006: 30-31) adalah sebagai berikut ini.
1. Manajemen harus berhubungan dengan kompetisi global, bukan lagi lokal dan regional.
2. Manajemen harus menyadari bahwa internasionalisasi sudah terdesak oleh globalisasi
3. Manajemen dewasa ini lebih berbasis teknologi, terlebih lagi teknologi informasi.
4. Karyawan lebih merupakan mitra daripada bawahan.
 5. Para manajer harus mengelola perubahan.
 6. Kewiraswastaan dewasa ini tetap mendorong kemajuan ekonomi.
 7. Kerjasama tetap merupakan suatu kebutuhan dan keharusan.
8. Keragaman harus dikelola.
9. Para manajer harus mengubah budaya organisasi.
Dengan demikian sistem manajemen SMA abad 21 setidaknya haru memiliki ciriciri manajemen abad 21 sebagaimana tersebut di atas. Konsep Balanced Scorecard dalam Pendidikan Konsep Balanced scorecard tidak hanya digunakan untuk sistem ukuran kerja, tetapi juga digunakan sebagai suatu sistem manajemen. Alasannya adalah pengembangan sistem pengukuran sekaligus dapat digunakan sebagai sarana, 6 yang pada hakekatnya menyangkut sistem manajemen, khususnya manajemen strategis. Sarana-saran dimaksud dapat dikelompokkan menjadi empat hal pokok, yaitu: (1) menjelaskan dan menerjemahkan visi dan strategi;
(2) mengomunikasikan dan menghubungkan tujuan strategi dan ukuran;
(3) merencanakan, menetapkan target, dan menyelaraskan inisiatif strategi;
(4) melancarkan umpan balik dan penyempurnaan strategi (Indrajit & Djokopranoto, 2006: 118). Balanced scorecard adalah alat manajemen (management tool) yang menerjemahkan visi, misi dan strategi organisasi ke dalam satu set pengukuran kinerja komprehensif untuk menghasilkan kerangka pengukuran kinerja organisasi melalui beberapa perspektif: finansial, customer, proses bisnis internal, serta pembelajaran dan pertumbuhan. Evaluasi dan pengukuran kinerja yang biasanya dilakukan dalam pengendalian manajemen harus dilakukan secara berimbang (balanced) untuk keempat perspektif tersebut.
Konsep Balanced Scorecard Sumber: Vincent Gasperst (2002) Kerangka tersebut menggambarkan bahwa agar sistem manajemen stratejik dapat berjalan dengan baik, maka visi, misi, dan strategi organisasi harus diterjemahkan ke dalam empat perspektif tersebut. Dari tiap-tiap perspektif, harus ditunjukkan tujuan (objectives), ukuran-ukuran (measures) kinerja yang 7 dipergunakan, target yang akan dicapai, dan inisiatif stratejik yang harus dilakukan untuk mencapai target yang telah ditetapkan sekaligus untuk mencapai misi organisasi. Kemampuan organisasi untuk dapat menerjemahkan visi dan misi organisasi ke dalam tindakan nyata yang terukur sangat menentukan keberhasilan implementasi strategi tersebut. Visi organisasi yang menggambarkan pandangan jauh ke depan mengenai “apa yang akan terjadi di masa depan dan kemana organisasi akan dibawa” akan sangat menentukan rumusan misi organisasi. Selanjutnya, rumusan misi akan dipergunakan sebagai dasar utama dalam penyusunan dan implementasi setiap program/tindakan/kegiatan. Hal ini dapat dilakukan bila terjadi proses sharing dan internalisasi visi dan misi tersebut ke dalam diri setiap individu anggota organisasi. Kondisi ini mengakibatkan semua anggota organisasi yang terlibat dalam implementasi program/kegiatan tersebut harus memahami visi dan misi organisasi tersebut dan senantiasa memiliki pemahaman serta komitmen kuat untuk mencapai misi organisasi. Dengan demikian pelaksanaan program kerja dan proyek organisasi tersebut, termasuk penganggarannya, harus senantiasa didorong oleh keinginan untuk mencapai misi organisasi.
 Pengendalian keuangan dengan menerapkan value for money audit sangat diperlukan untuk menjamin efisiensi dan efektivitas penggunaan dana masyarakat. Pelanggan dalam sektor publik adalah masyarakat secara luas, yang membutuhkan barang dan jasa (termasuk infrastruktur dan fasilitas publik) yang disediakan oleh pemerintah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan rakyat. Indikator-indikator yang dipergunakan untuk mengukur upaya peningkatan kesejahteraan adalah menurunnya tingkat kemiskinan, menurunnya angka kematian sebagai hasil dari peningkatan layanan kesehatan, meningkatnya tingkat pendidikan masyarakat, dan lain-lain. Loyalitas dan kepercayaan masyarakat terhadap organisasi pemerintah merupakan tema stratejik yang harus menjadi pedoman dalam setiap perumusan kebijakan. Hal ini akan tercapai apabila terdapat dua hal, yaitu:
 (1) pembangunan dilakukan betul-betul untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat,
(2) pemerintah melaporkan hasil-hasil pembangunan berikut pengelolaan keuangannya secara akuntabel. Bila ini terjadi, 8 maka kesadaran masyarakat untuk membayar pajak akan meningkat dan kredibilitas pemerintah pun akan terpelihara. Intisari dari perspektif proses bisnis internal adalah “inovasi”. Dalam organisasi bisnis, proses inovasi berkelanjutan (ongoing inovation) diperlukan perusahaan agar dapat memenangkan persaingan masa depan. Artinya adalah bahwa dalam setiap rangkaian aktivitas yang dilakukan oleh organisasi dalam menghasilkan barang dan jasa harus senantiasa meningkatkan “nilai” bagi pengguna. Pada organisasi pemerintahan, pemikiran ini harus diterjemahkan sebagai upaya untuk melakukan peningkatan kualitas layanan secara berkelanjutan (continuous quality improvement) kepada masyarakat. Hal ini dapat diwujudkan dengan cara pemberian layanan publik yang lebih efisien, praktis dan adil. Konsep dan Teori Corporate Governance Dalam kajian ini, kita perlu mengetahui definisi Corporate Governance sebagai berikut. Clark (1983) membagi Governance dalam pendidikan menjadi:
(1) education-by-laws,
 (2) rules and regulations,
 (3) strategic plan,
(4) organizational design,
(5) institutional system of management,
 (6) leadership, dan
(7) decision making system. Corporate Governance is the system by which companies are directed and controlled (OECD dalam Indrajit & Djokopranoto, 2006: 251). Selain itu, Corporate governance is about promoting corporate fairness, transparency, accountability (J. Wolfensohn dalam Indrajit & Djokopranoto, 2006: 251). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Corporate Governance adalah suatu sistem manajemen yang berlandaskan tugas dan tanggung jawab, kebutuhan stakeholders, keadilan, transparansi, akuntabilitas dan pengawasan.

 Prinsip-prinsip Corporate Governance menurut OECD ada lima prinsip utama dan sekaligus sebagai aspek dasar Corporate Governance, sebagai berikut ini.
1. Perlindungan hak-hak pemegang saham (the rights of shareholders).
2. Perlakuan yang sama terhadap seluruh pemegang saham (the equitable treatment of shareholders). 3. Peranan stakeholders yang terkait dengan perusahaan (the role of stakeholders).
 4. Pengungkapan dan transparansi (disclosure and transparency).
5. Tanggung jawab Dewan Direksi (the responsibilities of the Board). Implementasi ICT dalam

Proses Pembelajaran di SMA Sistem manajemen pendidikan di SMA juga harus menggunakan dan mengadaptasi perkembangan teknologi yang sangat pesat khususnya teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam proses pembelajaran. Hal ini, sesuai dengan pendapat Hall (Allen, 2002: 147) yang menyatakan bahwa: When we think about corporate universities and technology, it is important to think in terms of learning environments. The technology of the internet not only has made more learning available to more people, but also has changed the way we learn. Teknologi informasi adalah suatu bidang ilmu pengetahuan yang perkembangannya semakin pesat dari tahun ke tahun (Thabratas T., 2002: 1). Teknologi informasi mencakup bidang teknik informatika yang merupakan ilmu pengetahuan yang mencakup berbagai hal seperti: sistem informasi manajemen yang berbasis komputer, LAN (Local Area Network), MAN (Metropolitan Area Network), WAN (Wide Area Network), dan internet. Teknologi informasi sebagai ilmu pengetahuan sangat luas pokok bahasannya sehingga tidak hanya informatika saja yang menjadi pokok bahasannya.
 Implementasi teknik informatika dalam SMA biasanya terkait dengan pemanfaatan LAN, WAN, dan internet untuk keperluan pendidikan, seperti: Siakad (sistem informasi akademik), Sikeu (sistem informasi keuangan), dan lainlain. Secara umum implementasi teknik informatika terkait langsung dengan sistem informasi manajemen (SIM). Sistem informasi manajemen adalah sebagai suatu sistem berbasis komputer yang menyediakan informasi bagi beberapa pemakai dengan kebutuhan yang diinginkan (McLeod, Jr., 2001: 327).
         E-learning adalah model pembelajaran yang memanfaatkan teknologi internet untuk penyampaian materi belajarnya. Ada beberapa istilah yang perlu dijelaskan agar didapatkan pengertian yang utuh tentang wilayah dari e-Learning. Istilah yang lain meliputi distance learning, distance education, telelearning, online learning dan e-training. Telelearning merupakan hubungan diantara orang dan sumber yang menggunakan media teknologi komunikasi dan belajar sebagai tujuannya (Munir, 2008). Sedangkan online-learning sama dengan web-based learning. Online learning merupakan pemanfaatan sebagian dari pembelajaran berbasis teknologi dan menggambarkan pembelajaran lewat internet, intranet atau extranet.
          Pengertian e-learning sebagai berikut, e-learning merupakan pembelajaran berbasis teknologi, mencakup sejumlah aplikasi dan proses, termasuk pembelajaran berbasis komputer, pembelajaran berbasis web, virtual classrooms dan digital collaboration. Ada istilah lain yaitu e-training yang menggambarkan suatu perusahaan atau lembaga sebagai penyelenggara training menggunakan elearning. Distance learning adalah suatu proses membawa informasi yang interaktif dan informasi pembelajaran yang ditujukan kepada siswa di suatu waktu, tempat dan tampilan (bentuk) yang tepat. Distance education adalah suatu situasi belajar antara tutor dan siswa yang dipisahkan oleh waktu atau tempat. Kontrol pembelajaran lebih besar berada pada siswa dari pada tutor, dan komunikasi antara tutor/guru dan siswa menggunakan media berteknologi komunikasi (Munir, 2008). Untuk pengembangan sistem Jaringan TIK (E-Learning), diperlukan perangkat keras penunjang terutama komputer sebagai peralatan kunci yang harus ada. Jumlah perangkat komputer dalam sebuah laboratorium pengendali tentunya akan dapat memudahkan pengaksesan seluruh materi pembelajaran yang telah dikembangkan. Selain itu, diperlukan jaringan komputer yang handal, seperti LAN, WAN, dan MAN. Adanya sistem koneksi yang bagus dengan jaringan internet sehingga bisa mengakses dunia global.
          Pengembangan Budaya Kewirausahaan di SMA dan Kerjasama dengan Dunia Industri. Kewirausahaan adalah proses inovasi dan kreasi (Kuratko & Hodgetts, 1989; Hisrich & Peters, 2002). Orang yang berwirausaha disebut wirausahawan (entrepreneur). Entrepreneur adalah inovator dan kreator (Kao, 1991). Entrepreneur ialah seorang inovator (Hisrich & Peters, 2002). Kewirausahaan (entrepreneurship) adalah proses menciptakan sesuatu yang baru dan berani mengambil risiko dan mendapatkan keuntungan. Para ahli sepakat bahwa yang dimaksud dengan kewirausahaan menyangkut tiga perilaku yaitu:
 1. kreatif,
 2. komitmen (motivasi tinggi dan penuh tanggung jawab), dan
 3. berani mengambil risiko dan kegagalan.
           Pengembangan budaya kewirausahaan di SMA dikembangkan dengan menanamkan perilaku kreatif, inovatif, komitmen, berani mengambil resiko dan kegagalan. Agar pengembangan budaya kewirausahaan dapat berjalan dengan baik di SMA, maka kepala SMA harus melakukan hal-hal berikut.
 1. Mampu menciptakan inovasi dan kreatifitas yang berguna bagi pengembangan SMA.
 2. Bekerja keras untuk mencapai keberhasilan SMA sebagai organisasi pembelajaran yang efektif.
 3. Memiliki motivasi yang kuat untuk mencapai kesuksesan dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi sebagai pemimpin SMA.
4. Pantang menyerah dan selalu mencari solusi terbaik dalam menghadapi kendala SMA.
 5. Memiliki naluri kewirausahaan sebagai sumber belajar siswa, dan
6. Memberikan keteladanan bagi para guru khususnya mengenai kompetensi kewirausahaan.
            Kepala SMA perlu menjalin kerjasama yang erat dengan dunia industri karena dunia industri yang paling banyak menyerap tenaga kerja dari lulusan 12 SMA. Kerjasama tersebut harus dilakukan agar ada kesesuaian antara kebutuhan tenaga kerja di dunia industri dengan kompetensi lulusan yang dihasilkan SMA. Kerjasama tersebut dapat dibangun melalui beberapa kegiatan seperti magang siswa SMA, pemberian beasiswa dan lain-lain. Analisis Pembaharuan SMA Pembaharuan SMA memiliki karakteristik sebagai berikut: kecepatan dalam menciptakan perubahan dan pengambilan keputusan bersama, akuntabilitas, transparansi, inovasi, kreativitas, visi dan misi sekolah, memperhatikan kebutuhan warga sekolah (guru, siswa, komite, dan masyarakat sekitar sekolah), memperhatikan kebutuhan TI (teknologi informasi), dan relevansi dengan kebutuhan stakeholder (dunia industri).      
             Model pembaharuan untuk pengembangan SMA meliputi empat proses utama, yaitu:
 (1) kemampuan untuk menciptakan perubahan dan pengambilan keputusan bersama dengan sangat cepat dan tepat untuk memecahkan masalah-masalah yang didasarkan pada kebutuhan stakeholder, (2) adanya akuntabilitas, transparansi, penciptaan inovasi, dan kreativitas,
(3) proses pembaharuan SMA harus disesuaikan dengan nilai-nilai agama dan budaya bangsa Indonesia,
(4) pembaharuan harus mengakomodir Sistem Pendidikan Nasional (SPN) yang desentralistis sehingga pembaharuan bisa mencapai daerah-daerah kabupaten/kota di seluruh Indonesia dengan cara:
       (a) merubah mindset kepala SMA akan pentingnya pembaharuan melalui pelatihan, seminar dan workshop, (
        b) membangun budaya yang adaptif terhadap perubahan melalui penanaman kesadaran dan sosialisasi secara kontinyu sehingga timbul kebiasaan-kebiasaan yang menerima adanya perubahan,           (c) sosialisasi pentingnya implementasi SPN dalam peningkatan mutu pendidikan di SMA-SMA.
              Analisis Sistem Manajemen SMA dalam Konsep Manajemen Abab 21 Dalam pembangunan pendidikan suatu bangsa perlu adanya sistem manajemen pendidikan yang handal (efektif dan efisien) sehingga diharapkan mampu menghadapi persaingan global yang sangat pesat dan dapat mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK). Terkait dengan 13 manajemen pendidikan di SMA, maka manajemen pendidikan yang handal tersebut dalam kerangka governance pendidikan menengah yang merupakan proses sistem manajemen kelembagaan yang berbasis pada, yaitu:
 (1) keadilan dan persamaan,
(2) mutu yang tinggi dan relevan,
(3) professionalism yang kaya dan tidak kering,
(4) keterbukaan, pemberdayaan, partisipasi, dan keunggulan (Fakry Gaffar, 2000). Selain itu, manajemen pendidikan di SMA juga harus menggunakan dan mengadaptasi perkembangan teknologi yang sangat pesat khususnya teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam proses pembelajaran.             Dengan demikian dalam suatu SMA keberadaan teknologi dalam manajemen pendidikan khususnya manajemen pembelajaran menjadi sangat penting karena teknologi khususnya teknologi internet dapat menyediakan sumber belajar yang beraneka ragam dan dapat merubah serta mengembangkan cara belajar kita. Adapun ciri-ciri manajemen SMA abad 21 diantaranya
(1) Manajemen harus berhubungan dengan kompetisi global, bukan lagi lokal dan regional.
 (2) Manajemen harus menyadari bahwa internasionalisasi sudah terdesak oleh globalisasi.
 (3) Manajemen dewasa ini lebih berbasis teknologi, terlebih lagi teknologi informasi.
(4) Pimpinan dan bawahan berperan sebagai mitra dalam bekerja.
 (5) Para pimpinan lembaga pendidikan harus mengelola perubahan.
 (6) Kewirausahaan dewasa ini tetap mendorong kemajuan ekonomi.
 (7) Kerjasama tetap merupakan suatu kebutuhan dan keharusan.
 (8) Keragaman harus dikelola.
(9) Para pimpinan harus mengubah budaya organisasi. Peran manajemen abad 21 dalam SPN yang desentralistis didasarkan pada ciri-ciri manajemen abad 21. Sistem pendidikan nasional yang desentralistis dapat mengimplementasikan manajemen abad 21 dari tingkat nasional sampai dengan daerah-daerah kabupaten/kota di seluruh Indonesia. Implementasi manajemen abad 21 tersebut dilakukan secara bertahap sesuai dengan situasi dan kondisi daerah masing-masing. Adapun beberapa cara yang dapat dilakukan adalah
 (a) merubah mindset kepala SMA tentang manajemen modern melalui pelatihan, seminar dan workshop,
(b) membangun budaya manajemen modern melalui penanaman kesadaran dan sosialisasi secara kontinyu oleh Kepala SMA,
(c)  sosialisasi pentingnya implementasi manajemen modern dalam peningkatan mutu pendidikan di SMA. Analisis Sistem Manajemen SMA dalam Konsep Balance Scorecard Konsep Balanced scorecard merupakan suatu sistem manajemen karena pengembangan sistem pengukuran sekaligus dapat digunakan sebagai sarana, yang pada hakekatnya menyangkut sistem manajemen, khususnya manajemen strategis. Sarana-sarana tersebut dapat dikelompokkan menjadi empat hal pokok, yaitu: 1) menjelaskan dan menerjemahkan visi dan strategi; 
2) mengkomunikasikan dan menghubungkan tujuan strategi dan ukuran;
 3) merencanakan, menetapkan target, dan menyelaraskan inisiatif strategi; 
4) melancarkan umpan balik dan penyempurnaan strategi (lihat bagan di bawah). Sistem manajemen SMA dalam konsep Balance Scorecard Sumber: Kaplan, S Robert. David P Norton. (1996) Peran konsep Balance Scorecard dalam SPN yang desentralitis berdasarkan pada empat hal pokok sebagai mana tercantum dalam gambar 2 di atas. Sistem Pendidikan Nasional yang desentralitis harus memperhatikan visinya sehingga mampu diterjemahkan oleh daerah-daerah di seluruh Indonesia meskipun melalui tahapan-tahapan tertentu. Pemerintah pusat dan daerah harus mengkomunikasikan tujuan dan strategi yang akan dilakukan agar ada kesesuaian antara pemerintah pusat dan daerah. Pemerintah pusat harus melibatkan pemerintah daerah dalam merencanakan, menetapkan target, dan menyelaraskan inisiatif strategi dalam 15 pengembangan pendidikan. Pemerintah daerah perlu melancarkan umpan balik, menggambarkan secara kontekstual sesuai dengan kondisinya dan penyempurnaan strategi yang dapat diterima dan dikembangkan bersama dengan pemerintah pusat. Sinkronisasi dilakukan dengan melibatkan Dinas Pendidikan dan SMA melalui forum Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) dalam membangun sistem Manajemen Berbasis Sekolah (MBS). Hal-hal dalam sinkronisasi ini adalah visi dan strategi SMA, tujuan strategi dan ukuran, target dan inisiatif strategi, umpan balik dan penyempurnaan strategi. Analisis Sistem Manajemen SMA dalam Good Governance dan ICT Untuk dapat berkembang, 
         SMA abad 21 juga harus mengadaptasi dan menerapkan prinsip-prinsip good governance, yaitu selalu memperhatikan aspek seperti: transparency, accountability, responsibility, independency dan fairness. Oleh karena itu, SMA harus memiliki akses terhadap data dan informasi yang cepat dan tepat untuk mendukung indikator kinerja atau performa SMA dalam konsep good governance. Data dan informasi yang cepat dan akurat hanya dapat diperoleh jika SMA tersebut memanfaatkan kelebihan ICT dalam sistem manajemennya sehingga memudahkan pemimpin SMA untuk mengambil keputusan (pemanfaatan sistem informasi manajemen) dan atau guru dan siswa dapat mengakses informasi dengan mudah dalam proses pembelajaran (pemanfaatan e-learning) atau kepentingan yang lain seperti internet, WAN dan LAN. Peran good governance dan implementasi ICT dalam SPN yang desentralitis sangat diperlukan sebab dengan adanya pemerintah yang bersih, maka SPN yang desentralitis akan berjalan dengan baik. Implementasi ICT juga sangat dibutuhkan dalam semua aspek kehidupan termasuk dunia pendidikan. Implementasi ICT sangat membantu dalam dunia pendidikan dalam hal kecepatan dan ketepatan, desain yang menarik, dan lain-lain.                         Proses pembelajaran yang berbasis ICT biasanya lebih menarik dan lebih cepat diakses siswa, seperti: penggunaan e-learning, media pembelajaran, pemanfaatan internet, dan lain-lain. 16 Formulasi Model Manajemen SMA Abad 21 Formulasi model manajemen SMA abad 21 ini didasarkan pada kajian dan analisis sistem manajemen pendidikan modern yang meliputi: pembaharuan SMA, Teori Manajemen Abad 21, Konsep Balance Scorecard, Konsep dan Teori Corporate Governance, implementasi ICT dalam proses pembelajaran di SMA, dan pengembangan budaya kewirausahaan di SMA serta menjalin kerjasama yang erat dengan dunia industri. Hasil analisis tersebut dikaitkan dengan sistem manajemen pada tingkat sekolah (SMA) sehingga dapat diformulasikan model manajemen SMA abad 21 sebagai berikut.
                  Model Hipotetik Manajemen SMA abad 21 (model berlaku pada tingkat sekolah) Model manajemen SMA abad 21 tersebut bukan merupakan satu-satunya model yang dapat menyelesaikan seluruh permasalahan yang ada di SMA. Model tersebut merupakan salah satu strategi dari sisi manajemen untuk menyelesaikan sebagian permasalahan SMA. Model tersebut diformulasikan berdasarkan kajian Corpor -ate Govern -ance Balance Score - card Pengem -bangan SMA Kepemimpinan Pendidikan Menengah masa depan Manaje men abad 21 Implement -asi ICT Model Manajemen SMA abad 21 Pembaharuan SMA secara berkelanjutan, kreatifitas dan inovasi Kerjasama dengan dunia Industri, pengembangan budaya kewirausahaan dan budaya mutu Nilainilai dan budaya bangsa Tidak Tidak Ya 17 dan analisis sistem manajemen pendidikan modern yang dikaitkan dengan faktafakta di lapangan. Kepemimpinan pendidikan menengah masa depan merupakan pengambil kebijakan yang memiliki peranan penting dalam membangun sistem manajemen SMA abad 21. Sistem manajemen tersebut harus memperhatikan pembaharuan SMA secara berkelanjutan yang berorientasi mutu pendidikan melalui peran kepala SMA dalam pembaharuan dan mewujudkan kreatifitas serta inovasi warga SMA. Kerjasama dengan dunia industri perlu dibangun secara erat.
                   Pengembangan budaya kewirausahaan dan budaya mutu di SMA perlu dilakukan melalui penanaman kesadaran dan sosialisasi kepada warga SMA. Kajian dan analisis sistem manajemen abad 21 akan menghasilkan ciri-ciri manajemen modern di SMA yang dapat digunakan sebagai parameternya. Kajian dan analisis Balance Scorecard akan menghasilkan empat hal pokok, yaitu: 
(1) menjelaskan dan menerjemahkan visi dan strategi; 
(2) mengkomunikasikan dan menghubungkan tujuan strategi dan ukuran; 
(3) merencanakan, menetapkan target, dan menyelaraskan inisiatif strategi;
 (4) melancarkan umpan balik dan penyempurnaan strategi. Kajian dan analisis Corporate                               Governance yang memiliki prinsip-prinsip good governance yang selalu memperhatikan aspek seperti: transparency, accountability, responsibility, independency dan fairness. Implementasi ICT dalam proses pembelajaran di SMA sangat diperlukan dalam mendukung sistem manajemen SMA abad 21 sehingga dapat mengikuti perkembangan berbagai macam teknologi dan globalisasi yang sangat pesat. Semua komponen-komponen dalam model manajemen SMA abad 21 saling berkaitan satu sama lain dan dikendalikan dengan nilai-nilai agama dan budaya Bangsa Indonesia sehingga dapat menghasilkan model manajemen SMA modern yang berdasarkan karakteristik bangsa Indonesia. Dengan model manajemen SMA abad 21 tersebut diharapkan dapat mengembangkan SMA dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan nasional.
                  Simpulan Berdasarkan konsep, teori-teori, kajian kritis dan analisis sistem manajemen pendidikan modern sebagaimana tersebut di atas, maka dapat 18 disimpulkan bahwa dalam formulasi model pada level sekolah, yaitu model manajemen SMA abab 21 setidaknya harus memperhatikan lima hal pokok. Adapun lima hal pokok tersebut adalah 1) pembaharuan SMA yang berkelanjutan dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan, 2) implementasi sistem manajemen abad 21 dengan mempertimbangkan peran SMA dalam membangun MBS di SMA, 3) implementasi sistem manajemen SMA dalam kerangka konsep balance scorecard dengan melakukan sinkronisasi terhadap MBS, 4) implementasi sistem manajemen SMA dalam kerangka good governance, dan 5) implementasi sistem manajemen SMA yang adaptif dengan perkembangan ICT. Fungsi pengendalian yang didasarkan pada nilai-nilai agama dan budaya Bangsa Indonesia sangat diperlukan agar sistem manajemen SMA yang dibangun terarah. Nilai-nilai agama dan budaya Bangsa Indonesia menjadi karakter penting dalam model menajamen SMA abad 21 sehingga implementasinya sesuai dengan situasi dan kondisi serta karakter Bangsa Indonesia.

Daftar Pustaka
Allen, Mark. 2002. The corporate university: designing, managing, and growing a successful program. New York: AMACOM. Clark, Burton R. 1983.
The higher education system: academic organization in cross-national perspective, California: University of California Press. Dikmenum. 2004.
Kebijakan Dan Program Pelaksanaan 2003 dan Perencanaan 2004 Dikdasmen. dari http://www.dikdasmen.depdiknas.go.id/indexditjen.htm. diakses tangga 5 Desember 2004.
Einstein A. 1905. “Special Theory of Relativity” dari http://nobelprize.org/nobel_prizes/physics/laureates/1921/einsteinbio.html. diakses tanggal 4 Mei 2008.
Einstein A. 1916. “General Theory of Relativity” dari http://nobelprize.org/nobel_prizes/physics/laureates/1921/einsteinnobel.html. diakses tanggal 4 Mei 2008. Fahmi Azmiar. 2007. “E-Learning - Understanding its true business value and opportunity” dari http://www.ekofeum.or.id. Diakses tanggal 17 Juni 2007.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar